Apa Tindakan yang Harus Dilakukan Ketika Menerima Surat Pemberitahuan Oposisi dalam Proses Permohonan Merek?

Dalam proses permohonan merek, seringkali kita menemui situasi di mana pemohon pendaftaran merek diberitahu mengenai adanya oposisi atau menerima Surat Pemberitahuan Keberatan atas Permohonan Merek. Namun, apa langkah yang seharusnya diambil oleh pemohon jika kondisi ini muncul dalam proses pendaftaran merek yang diajukan?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memahami makna dari istilah “oposisi” atau “keberatan” dalam konteks permohonan merek.

Oposisi merek muncul saat pemilik merek yang sudah terdaftar mengajukan keberatan terhadap permohonan pendaftaran merek tertentu yang diajukan oleh pemohon baru. Keberatan ini dapat datang dari individu maupun perusahaan yang beranggapan bahwa merek yang diajukan memiliki kemiripan dengan merek yang sudah ada dan terdaftar sebelumnya, atau jika merek tersebut melanggar aturan hukum atau norma etika tertentu. Lewat mekanisme oposisi ini, pihak lain memiliki kesempatan untuk menyampaikan argumen dan bukti yang mendukung pandangan mereka tentang ketidaksetujuan terhadap permohonan pendaftaran merek yang dipertimbangkan.

Penting untuk memahami pula konsep “Sanggahan atas Oposisi Pendaftaran Merek”, sebuah langkah hukum yang dapat diambil oleh Pemohon atau Pemilik Merek dalam bentuk pembelaan kepada Menteri. Dalam tindakan ini, alasan yang kokoh serta bukti yang relevan disajikan untuk menangkal atau merespons argumen yang diberikan oleh pihak yang mengajukan oposisi. Tujuan akhir dari sanggahan ini adalah mencegah diterimanya argumen oposisi atau keberatan oleh Menteri.

Jadi apabila anda menerima Surat Pemberitahuan Keberatan atas Permohonan Merek atau Surat Pemberitahuan Oposisi segera ajukan Sanggahan sebelum jangka waktu yang diberikan habis.

Sesuai dengan Pasal 17 ayat (2) dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis:

“Sanggahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diajukan secara tertulis dalam waktu paling lama 2 (dua) bulan terhitung sejak tanggal Pengiriman salinan keberatan yang disampaikan oleh Menteri.”

Apabila Anda membutuhkan panduan lebih lanjut dalam menyampaikan Sanggahan Oposisi Merek, layanan konsultasi gratis kami melalui WhatsApp selalu siap membantu Anda.

Recent Posts
Jadwalkan Konsultadsi
Open chat
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?